Doa Agar Terbebas Dari Hutang

Batukar.info – Doa Agar Terbebas Dari Hutang Sesungguhnya hutang bukanlah perkara yang dilarang dalam agama. Hanya saja Rasulullah telah memperingati agar umat muslim berlindung darinya. Ketahuilah banyak hutang merupakan sebab datangnya kerugian di dunia.

Ada tiga jenis hutang yang Nabi  berlindung darinya, yaitu :

  1. Hutang yang dibelanjakan untuk hal-hal yang dilarang
  2. Hutang bukan pada yang haram, tetapi dia tidak memiliki cara untuk melunasinya
  3. Hutang yang tidak diniati untuk dilunasi

Hutang seolah menjadi hal yang sangat biasa bagi umat muslim hari ini. Pada hari ini umat muslim telah banyak terlibat dalam hutang. Untuk memulai usaha mereka berhutang, untuk memiliki rumah dan kendaraan serta barang-barangnya mereka berhutang, bahkan untuk hal-hal yang memenuhi syahwat mereka, juga dengan berhutang.

Akhirnya sebagian dari mereka terjebak dan tidak bisa lepas dari jerat hutang. Hidup mereka menjadi serba kesusahan, selalu merasa ketakutan apabila sewaktu-waktu ditagih, hingga akhirnya merekapun menjadi orang yang suka berbohong dan ingkar janji. Mereka selalu mengingkari janji untuk melunasi, padahal sebenarnya telah memiliki kemampuan untuk membayar hutangnya.

Namun berbahagialah orang yang sudah berniat melunasi hutangnya, karena Allah senantiasa akan menolongnya untuk mewujudkan niat baiknya tersebut. Dari Abdullah bin Ja’far, Rasulullah  bersabda :

“Allah akan memberi pertolongan pada orang yang berhutang yang ingin melunasi hutangnya sampai dia melunasi hutangnya tersebut, selama hutang itu bukan pada perkara yang dilarang oleh Allah.” (shahih. HR. Ibnu Majah)

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, Nabi  bersabda :

“Sesungguhnya yang paling baik diantara kalian adalah yang paling baik membayar hutang.” (HR. Bukhari)

Beberapa Doa Agar Terbebas Dari Hutang

Terdapat beberapa do’a yang diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam agar bisa terbebas dari hutang, diantaranya :

  1. Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom.” ‘Ya, Allah, aku meminta perlindungan pada-Mu dari banyak dosa dan banyak hutang.’ (HR. Bukhari)
  1. Allahumma inni a’udzu bika min ghalabatid dain, wa ghalabatil ‘aduwwi, wa syamaatatil ‘a’daai.” ‘Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang, juga tekanan musuh dan kegembiraan pada musuh.’ (shahih. HR. An Nasa’i, Ahmad dan Al Hakim)
  1. Allahummak finii bihalaalika ‘an haroomika wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka.” ‘Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindari) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu.’ (shahih. HR. At Tirmidzi)
  1. Allahumma inni a’udzubika minnal hammi wal hazani, wal ‘ajzi wal kasali, wal bukhli wal jubni, wa dholaiddain wa ghalabatir rijaal.” ‘Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.’ (HR. Bukhari)

Demikianlah beberapa do’a yang bisa dibaca ketika sedang ada kesulitan hutang, agar Allah mudahkan segala urusannya.

Referensi :

  • Kumpulan Do’a dalam Al Qur’an dan Hadits, Sa’id bin Ali bin Wahf Al Qahthani (Yayasan Ats Tsabat : 2010)
  • Do’a & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)
  • Tentang Hutang dan Doa Berlindung dari Hutang, Muhammad Abduh Tuasikal

Leave a Comment